Pekerjaan Menghasilkan Barang dan Jasa

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menemukan suatu Pekerjaan Menghasilkan Barang dan Jasa. Nah ini merupakan pembahasan materi Tematik SD. Pekerjaan merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya saja orang tua harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Adapun pekerjaan yang dilakukan itu, bisa menghasilkan barang, bisa juga  menghasilkan jasa.

Pekerjaan yang menghasilkan Barang serta barang yang dihasilkan.

1. Pedagang Makanan.

Pedagang makanan merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang, berupa makanan. Misalnya saja pedagang bakso, dari pekerjaannya dia mampu menghasilkan barang berupa bakso. Selain itu pedagang sate juga menghasilkan barang berupa sate.

2. Tukang Kayu.

Tukang kayu itu merupakan pekerjaan yang menghasilkan ukiran kayu, baik itu meja, kursi, lemari, atau sebagainya. Bayangkan saja kalau tidak ada tukang kayu, mungkin bisa jadi kita tak bisa belajar dengan nyaman pakai meja kayu.

Atau kita gak bakalan bisa duduk nyaman dengan kursi kayu yang ada di sekolah, dan rumah kita.

3. Pelukis.

Pekerjaan seorang pelukis adalah menghasilkan seni berupa lukisan di atas kerta. Barang yang dihasilkan dari seorang pelukis bisa jadi memiliki nilai jual yang tinggi.

Tergantung siapa yang memberikan apresiasinya, kalau orangnya paham, pasti dibayar dengan harga mahal.

Bisa juga dikatakan melukis itu suatu hobi, tapi hobi yang bisa menghasilkan penghasilan.

4. Nelayan.

Nelayan merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh warga yang tinggal di daerah pesisir pantai. Karena daerahnya dekat dengan pantai, maka pekerjaan utamanya kebanyakan Nelayan.

Dimana setiap hari mereka mencari ikan ke tengah laut, kemudian dijual ke kota. Sehingga bisa kita nikmati bersama barang yang dihasilkan berupa ikan laut.

Selain ikan laut, barang yang dihasilkan oleh nelayan itu adalah Cumi-cumi, gurita, udang, dan lain sebagainya.

5. Penjahit.

Penjahit merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi keprofesinalannya tidak bisa ditiru oleh semua orang. Butuh latihan untuk dapat menjahit dengan baik.

Sehingga bisa menghasilkan barang berupa pakaian, celana, yang bagus untuk digunakan.

Misalnya saja penjahit baju sekolahan, itu butuh latihan untuk bisa menghasilkan pakaian sekolah.

6. Pandai Besi.

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang butuh kehati-hatian, karena berhadapan langsung dengan api, dan benda tajam.

Barang yang dihasilkan oleh pekerja pandai besi itu berupa golok, cangkul dan kapak.

7. Desainer.

Desainer itu sangat luas, ada desainer dengan manual, ada desainer menggunakan aplikasi.

Contohnya saja desainer rumah, atau bangunan, dan yang menggunakan aplikasi itu desain digital.

8. Penulis.

Utamanya seorang penulis itu akan menghasilkan karya tulis yang bisa mengedukasi orang sekitar. Misalnya saja, bisa menghasilkan buku, tulisan koran, majalah, dan sebagainya.

Termasuk artikel yang sedang kamu baca ini, merupakan hasil karya dari seorang penulis.

9. Koki.

Seorang koki merupakan orang yang ahli dalam memasak, barang yang dihasilkan itu berupa makanan siap saji. Jadi kalau kita laper dan pingin makan tapi gak ada makanan dirumah.

Kita bisa aja beli keluar, dan yang menyajikan itu seorang Koki.

Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa dan Jasa yang dihasilkan.

Diatas sudah dijelaskan beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang, serta barang yang dapat dihasilkan. Sekarang dilanjutkan dengan pekerjaan yang menghasilkan jasa, serta jasa yang dihasilkan.

1. Guru.

Guru merupakan suatu pekerjaan yang begitu mulia, jasanya tidak akan pernah dilupakan. Karena memebrikan kontribusi besar untuk kecerdasan masyarakat.

Contohnya saja Guru TK, SD, SMP, SMA. Mereka semua itu orang-orang yang hebat. Jasa yang dihasilkannya begitu luar biasa. Mengajari kita dari awalnya belum tau, menjadi tau.

2. Tukang Ojek.

Tukang ojek memberikan jasa kepada kita berupa pengantaran/penjemputan dilokasi tertentu. Misalnya saja, kita pingin kepasar, tapi pasarnya jauh, jasa tukang ojek sangat dibutuhkan disini.

Sekarang ojek sudah berkembang, ada namanya Ojek Online (Ojol), seperti Gojek, dan Grab.

3. Tukang Potong Rambut.

Tukang cukur rambut merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa, jasa yang dihasilkan berupa pemotongan rambut kita. Misalnya nih, rambut sudah panjang, kan gak nyaman kalau terlalu panjang untuk laki-laki.

Nah tukang potong rambut inilah yang berjasa untuk memotong rampu kita, agar menjadi lebih rapi lagi.

4. Pengacara.

Seorang pengacara itu memberikan jasa beruba konsultasi hukum serta bantuan hukum kepada seseorang yang sedang terjerat kasus. Contohnya pengacara yang terkenal dari Indonesia adalah Hotman Paris.

5. Satpam.

Satpam merupakan pekerjaan jasa yang dimana menjaga keamanaan agar selalu kondusif. Baik itu di sekolah, rumah, atau tempat keramaian seperti Mall.

6. Asisten Rumah Tangga.

Pekerjaan selanjutnya adalah ART (Asisten rumah tangga) yang memberikan jasa berupa bantuan untuk kebutuhan rumah tangga seseorang. Seperti menyapu, mencuci, memasak, dan menjaga anak.

7. Tukang Parkir.

Memberikan jasa berupa penjagaan kepada kendaraan yang sedang parkir atau ditinggal sebentar oleh pemiliknya. Misalnya di Pasar, Mall, dan tempat umum lainnya.

Bayangkan saja kalau gak ada yang jaga, pasti hal yang buruk bisa saja terjadi.

8. Tentara.

Merupakan pekerjaan yang memberikan jasa berupa penjaga keamanaan untuk negara kita ini. Tentara dengan rela suka hati menjaga keamanaan kita, dari penjuru negara ini.

9. Web Developer (Programmer)

Web developer merupakan suatu pekerjaan yang menghasilkan jasa juga barang. Misalnya saja ada orang yang mau buat halaman website, nah programer inilah yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Anggap saja Google.com, Lazada, shopee, dan lainnya. Mereka itu juga butuh seorang  programmer untuk membuat website yang bagus seperti itu.

Misalnya saja Blog Pendidikan ini, juga butuh seorang programmer agar bisa jadi seperti ini.

10. Montir.

Biasanya kalau kita mau servis motor atau mobil pasti pergi ke tempat yang khusus servis kan?. Nah itu yang melakukan perbaikan adalah seorang montir, dimana mereka melakukan perbaikan terhadap kendaraan kita.

Kesimpulan:

Dari banyaknya pekerjaan yang ada disekitaran kita, mungkin ada yang kita minati, sehingga mulai saat ini seharusnya sudah kita persiapkan untuk itu. Baik mempelajari apa saja tentang pekerjaan tersebut, maupun mencari informasi tambahan mengenai pekerjaan tersebut.

Dan jenis pekerjaan itu dapat dibedakan berdasarkan hasilnya, ada pekerjaan yang menghasilkan barang dan barang yang dihasilkan, serta pekerjaan yang menghasilkan jasa juga jasa yang dihasilkan.

Tinggalkan komentar