Melihat Bocoran PS5 dan Apa Saja yang Bisa Diharapkan

Sony memang mengumumkan untuk merilis konsol game terbarunya, yakni PS 5, pada akhir tahun ini. Dari berita yang sudah beredar, setidaknya Oktober atau November PS5 akan rilis. Selain desain konsol, tak banyak yang tahu bagaimana spesifikasi dari generasi terbaru konsol Playstation ini. 

Bocoran dari PS5.

Pada Kamis (19/3), Sony akhirnya membahas spesifikasi dari PS5 dan apa saja yang dijanjikan kepada para pemain. Dalam streaming live-streaming di akun Youtube resmi Sony, perusahaan teknologi asal Jepang tersebut menjelaskan bagaimana jeroan dari PS5 bekerja.

Lead System Architect PS5 Mark Cerny menjelaskan beberapa hal yang akan ada di dalam PS 5. Mark menyebut PS5 akan menggunakan solid-state drive (SSD) sebagai memori penyimpanan. Alasannya untuk mempercepat kemampuan konsol untuk membaca game tersebut.

Ia menjelaskan, dengan SSD PS 5 bisa memuat game secara lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Bahkan dengan teknologi SSD yang dipakai di PS5, pemain tidak perlu khawatir dengan waktu muat game. Entah itu saat loading, rendering texture, hingga detail grafis akan termuat secara kilat.

“Untuk SSD kemungkinan game memulai dalam hitungan detik, tidak ada loadscreen, atau ketika kamu mati di dalam game langsung memulai lagi,” ujar Mark. 

Tak hanya SSD, Sony juga mengungkapkan akan menggunakan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 Ghz dan profesor grafis RDNA 2 AMD. Bekerja sama dengan AMD, Sony mengatakan prosesor yang dipakai adalah prosesor paling mutakhir di kelasnya.

Mark juga menjanjikan dengan teknologi ini, Sony dan AMD berusaha untuk meningkatkan performa PS5 lebih baik dibandingkan konsol generasi sebelumnya. Salah satunya dengan mengefisienkan konsumsi energi dan meningkatkan kemampuan konsol. 

Selain 2 spesifikasi diatas yang dibahas secara menyeluruh, Sony juga mengumumkan jika PS5 akan dibekali memori sebesar 825 GB. Juga mendukung untuk membaca disk BluRay hingga memuat gambar beresolusi hingga 8K. 

Melihat dari bocoran ini, nampaknya Sony benar-benar sangat memikirkan grafis dan loading time setiap game. Nampaknya kita akan dijanjikan pengalaman bermain tanpa loading time yang menyebalkan. Untuk kalian yang menyukai game open world ini jelas sebuah hal yang sangat ditunggu.

Sudah tidak sabar untuk mencoba PS5 ya? 

 

Tinggalkan komentar